Mencegah Kanker Dengan Mengatur Pola Makan

Images By Google.
Passionmagz.com. – Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.
Di Indonesia sendiri, jumlah penderita kanker diperkirakan bertambah sebanyak 200 ribu orang per tahunnya. WHO bahkan menduga angka ini masih akan terus meningkat ke depannya. Angka kematian kanker pun termasuk tinggi, yakni menempati urutan kedua pada kematian akibat penyakit tidak menular setelah jantung di dunia.
Meski disebabkan oleh banyak faktor, risiko terkena kanker dapat diturunkan dengan menerapkan pola hidup sehat. Termasuk di antaranya dengan mengatur pola makan.
Berikut ini Passion berikan tips untuk mencegah kanker dengan mengatur pola makan Anda, seperti dilansir dari Web kesehatan yang wajib Anda coba:
Mengatur komposisi makanan
Ternyata kombinasi diet yang tepat dapat menurunkan risiko terkena kanker dibandingkan hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja. Penelitian yang dilakukan American Institute for Cancer Research (AICR) menganjurkan agar Anda menerapkan diet berbasis nabati. Yakni dengan memenuhi dua pertiga porsi makanan Anda dengan sayuran, buah-buahan, dan serealia utuh, sementara sepertiga lainnya dapat ditambahkan daging atau ikan.
Perbanyak warna dalam masakan
Bukan dengan pewarna makanan buatan, namun dengan memperbanyak variasi makanan dalam piring Anda. Seperti telah banyak diketahui, tumbuhan memiliki berbagai warna tergantung dari pigmen yang dikandungnya. Semakin beragam warna makanan Anda, semakin banyak nutrisi yang akan Anda dapatkan. Utamakan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang berwarna hijau, merah, dan oranye gelap karena kandungan nutrisinya semakin tinggi.
Jangan lewatkan waktu sarapan
Asam folat merupakan vitamin B penting yang dapat melindungi tubuh dari risiko terkena kanker usus besar, rektum, dan payudara. Anda bisa menemukan asam folat dalam berbagai menu sarapan. Misalnya saja pada sereal dan produk gandum utuh lainnya, jus jeruk, jus melon, jus stroberi, asparagus, dan telur.
Kurangi konsumsi daging merah dan daging olahan
Untuk mengurangi risiko terkena kanker usus besar dan colorectal, AICR menganjurkan agar konsumsi daging merah seperti daging sapi, babi, atau domba dibatasi sebanyak 510 g per minggu. Mereka juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi daging olahan seperti ham, sosis, dan hot dog yang dimasak melalui pengasapan, pembakaran, atau pengasinan.
Rajin mengonsumsi tomat
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tomat dapat menurunkan risiko terkena beberapa tipe kanker termasuk kanker prostat.
Sering minum teh hijau
Teh hijau dikenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi dan dapat menurunkan risiko terkena kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memperlambat atau mencegah perkembangan sel kanker di usus besar, liver, payudara, dan prostat. Efek serupa juga ditunjukkan di jaringan paru-paru dan kulit. Dalam penelitian lebih lanjut, teh sering dikaitkan dengan penurunan risiko kankerperut, kandung kemih, dan pankreas.
Banyak mengonsumsi anggur
Anggur terutama yang berwarna ungu dan merah kaya akan resveratol yang memiliki senyawa anti oksidan dan anti inflamasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anggur mampu mencegah kerusakan yang memicu terbentuknya kanker pada sel tubuh.
Perbanyak minum air putih
Air tidak hanya dapat melegakan dahaga, namun juga dapat mencegah timbulnya kanker kandung kemih. Pasalnya, cairan dapat mengencerkan konsentrasi zat penyebab kanker di kandung kemih. Memperbanyak asupan cairan juga membuat Anda lebih sering buang air kecil sehingga mempersingkat kontak antara zat tersebut dengan sistem perkemihan Anda.
Gunakan rempah-rempah
Kurkumin merupakan bahan utama yang terdapat pada kunyit dan berpotensi mencegah kanker. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurkumin dapat menekan transformasi, proliferasi, dan invasi berbagai macam sel kanker. Beberapa rempah lain seperti cengkeh, oregano, jahe, dan kayu manis juga mengandung banyak anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
Olah makanan secara tepat
Tak hanya bahan makanan, cara Anda memasak pun berpengaruh terhadap risiko terjadinya kanker. Menggoreng, membakar, dan memanggang daging dengan temperatur sangat tinggi dapat membentuk senyawa karsinogen yang menyebabkan kanker.
Perbanyak makan buah beri
Stroberi, blueberry, raspberry dan buah-buahan beri lainnya memiliki senyawa fitokimia yang disebut asam elagik. Senyawa yang termasuk anti oksidan ini diduga dapat memerangi kanker dengan beberapa cara sekaligus, termasuk menonaktifkan substansi penyebab kanker dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.
Itulah tadi beberapa tips untuk mencegah kanker dengan mengatur pola makan Anda, semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk sahabat Passsion.
Health Guide
Ternyata Stres Bisa Menimbulkan Ini
Ilustrasi By Google. Passionmagz.com. – Stres merupakan suatu emosi ataupun perasaan tertekan yang umumnyaManfaat Menakjubkan Dari Daun Pepaya
Images By Google. Passionmagz.com. – Pepaya adalah salah satu buah tropis dan subtropis yang mudah sekali uKhasiat Ajaib Lemon
Images By Google. Passionmagz.com. – Buah lemon pada umumnya dapat digunakan untuk membuat minuman segar se



